PENERAPAN MODEL PENDIDIKAN GERAK (MOVEMENT EDUCATION) DALAM MEMAHAMI DAN MEMPRAKTIKKAN AKTIVITAS SENAM

Main Author: Safi’i, Muhammad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo , 2021
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/23657
http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/23657/8476
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar memahami dan mempraktikkan aktivitas senam melalui model pendidikan gerak pada peserta didik kelas 9A SMP Negeri 9 Probolinggo tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Class Action Research yang dikemukakan oleh Kemmis and Taggart (1988). Hasil belajar pada penilaian pengetahuan dalam bentuk tes tulis yang dilaksanakan pada akhir siklus I dan II menunjukkan hasil sebagai berikut. Peserta didik yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada siklus I berjumlah 22 orang, meningkat menjadi 27 orang pada siklus II atau meningkat 17,86%. Nilai rerata penilaian pengetahuan mencapai 79,76 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 85,48 pada siklus II atau meningkat 7,16%. Hasil belajar pada penilaian keterampilan dalam bentuk tes praktik (unjuk kerja) yang dilaksanakan pada akhir siklus I dan II menunjukkan hasil sebagai berikut. Peserta didik yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada siklus I berjumlah 21 orang, meningkat menjadi 27 orang pada siklus II atau meningkat 21,43%. Nilai rerata penilaian keterampilan mencapai 79,37 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 90,00 pada siklus II atau meningkat 13,40%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Senam, Pendidikan Gerak Abstract: The purpose of this study is to increase the activity and learning outcomes of understanding and practicing gymnastics activities through the motion education model for class 9A students of SMP Negeri 9 Probolinggo in the 2017/2018 school year. In this study, a Class Action Research (CAR) is used which refers to the Class Action Research model proposed by Kemmis and Taggart (1988). The learning outcomes on the knowledge assessment in the form of a written test carried out at the end of cycles I and II showed the following results. There were 22 students who reached KKM (Minimum Completion Criteria) in the first cycle, increasing to 27 people in the second cycle or an increase of 17.86%. The mean value of knowledge assessment reached 79.76 in the first cycle then increased to 85.48 in the second cycle or increased by 7.16%. Learning outcomes on skills assessment in the form of practical tests (performance) which were carried out at the end of cycles I and II showed the following results. There were 21 students who reached KKM (Minimum Completion Criteria) in the first cycle, increasing to 27 people in the second cycle or an increase of 21.43%. The mean value of skills assessment reached 79.37 in the first cycle then increased to 90.00 in the second cycle or increased by 13.40%. Keywords: Learning Outcomes, Gymnastics Activities, Movement Education.