MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL–QUR’AN MELALUI PENERAPAN METODE DRILL

Main Author: Salam, Subulus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo , 2021
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20063
http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20063/7613
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1)untuk mengetahui penerapan metode drill dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi al–Qur’an di SD Negeri Pakistaji 2, (2)untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V SD Negeri Pakistaji 2 dalam membaca al–Qur’an melalui penerapan metode drill. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian berjumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian dari dari 22 siswa, diketahui nilai rata-rata kelasnya adalah 57,14 orang siswa; peserta didik yang tuntas berjumlah 6 orang atau 27,27% dan yang belum tuntas mencapai 16 orang siswa atau 72,73%. Pada siklus I siswa yang tuntas belajarnya hanya 14 orang siswa atau 63,6% dan yang belum tuntas ada 8 orang siswa atau 36%. Pada siklsu II siswa yang tuntas mencapai 21 orang siswa atau 95,4%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 1 orang siswa atau 4,5%.