PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI EFEKTIVITAS MUSYAWARAH GURU DAN SUPERVISI AKADEMIK

Main Author: Togas, Frolly Anthoneta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo , 2021
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20035
http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20035/7587
Daftar Isi:
  • Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah kinerja guru SMK Negeri 3 Manado pada tahun pelajaran 2016–2017 dapat ditingkatkan melalui Musyawarah Guru dan Supervisi Akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kinerja guru SMK Negeri 3 Manado pada tahun pelajaran 2016-2017 melalui Musyawarah Guru dan Supervisi Akademik. Subjek penelitian berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan Musyawarah Guru di SMK Negeri 3 Manado pada siklus I dan siklus II diikuti oleh 16 orang guru. Kehadiran guru pada siklus I dan II mencapai 100%. Kedisiplinan guru dalam mengikuti Musyawarah Guru pada siklus I mencapai 15 orang atau 93,75% dan pada siklus II mencapai 16 orang atau 100%. Jumlah aktivitas guru yang menggali informasi pada siklus I sebanyak 12 orang guru atau 75% dan pada siklus II mencapai 14 orang atau sebesar 87,5%. Guru yang menghasilkan produk berupa Program Tahunan, Program Semester, Rencana Program Pembelajaran (RPP), Program Penilaian, dan Program Analisis Hasil Penilaian pada siklus I sebesar 14 orang atau sebesar 87,5% dan siklus II mencapai 16 orang guru atau sebesar 100%. Penilaian produk guru berupa Program Tahunan pada siklus I sebesar 3 dan pada siklus II mencapai 4, Program Semester pada siklus I sebesar 4 dan pada siklus II mencapai 4, berupa Rencana Program Pembelajaran pada siklus I sebesar 3 dan pada siklus II mencapai 4, berupa Program Penilaian pada siklus I sebesar 3 dan pada siklus II mencapai 3, berupa Program Analisis Hasil Penilaian pada siklus I sebesar 3 dan pada siklus II mencapai 4.