PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMAKAI BAJU BERKANCING PADA PROGRAM KHUSUS PENGEMBANGAN DIRI DENGAN METODE DRILL BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG

Main Author: Suroto, Suroto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo , 2021
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20033
http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20033/7585
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan anak dalam memakai baju berkancing melalui metode drill. Metode drill merupakan salah satu metode di mana guru memperagakan suatu proses kegiatan di depan anak didik, setelah memperhatikan demonstrasi tersebut anak didik melakukan kegiatan sama seperti yang didemonstrasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborator dengan teman sejawat. Subjek penelitian adalah lima orang anak tunagrahita sedang kelas dasar III di SDLB Negeri Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Data aktivitas belajar mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata kelas untuk siklus I sebesar 59%, siklus II sebesar 72%, dan pada siklus III sebesar 84%. Data kemampuan pengembangan diri juga mengalami peningkatan pada setiap siklus denga rata-rata kelas untuk siklus I sebesar 65%, siklus II sebesar 77%, dan siklus sebesar III 90%.