MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS

Main Author: Ngangi, Johnny
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo , 2021
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20030
http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20030/7582
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dimembe Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 dengan metode Penelitian Tindakan Sekolah. Subjek penelitian adalah guru SMP Negeri 1 Dimembe berjumlah 24 orang guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Supervisi Klinis di SMP Negeri 1 Dimembe dalam meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 1 Dimembe dalam mengembangkan model pembelajaran dan mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru SMP Negeri 1 Dimembe dalam mengembangkan model pembelajaran. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1)Perbaikan model pembelajaran pada siklus I dengan rata– rata 2 dan pada siklus II mencapai 3. (2)Upaya mempertahankan langkah positif dalam model pembelajaran baru siklus I dengan rata–rata 2,5 dan pada siklus II mencapai 2,5. (3)Kontinuitas pelaksanaan model pembelajaran baru yang dikembangkan pada siklus I dengan rata–rata 2,5 dan pada siklus II mencapai 3. (4)Ketepatan model pembelajaran baru terhadap materi ajar pada siklus I dengan rata–rata 2,5 dan pada siklus II mencapai 2,5. (5)Keterukuran hasil pengembangan model pembelajaran baru berdasarkan indikator keberhasilan model pembelajaran pada siklus I dengan rata–rata 2,5 dan pada siklus II mencapai 3. Dan secara umum pada siklus I rata–rata 2,4 dan pada siklus II mencapai rata–rata 2,8. Sedangkan yang tetap atau tidak ada peningkatan dari siklus I ke siklus II, adalah: rata–rata upaya mempertahankan langkah positif dalam model pembelajaran dan rata–rata ketepatan model pembelajaran baru terhadap materi ajar, yaitu 2,5.