PENERAPAN SUPERVISI KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENDESAIN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER
Main Author: | Suparno, Suparno |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/19908 http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/19908/7498 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan supervisi kontekstual terhadap guru kelas VIII dan IX di SMP Negeri 9 Probolinggo pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 sebagai upaya peningkatan kompetensi mendesain pembelajaran berbantuan komputer. Hipotesis tindakan pada pene–litian tindakan sekolah ini adalah: Supervisi Kontekstual dapat meningkatkan kompetensi guru Kelas VIII dan IX dalam mendesain pembelajaran berbantuan komputer di SMP Negeri 9 Probolinggo Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini ditandai terjadinya peningkatan skor nilai rerata (mean), pada siklus I nilai rerata mencapai 60,66; siklus II nilai rerata mencapai 73,16 berarti terjadi peningkatan sebesar 12,50; siklus III nilai rerata yang dicapai sebesar 81 di sini terjadi peningkatan yang sangat berarti yakni 7,84. Peningkatan mean skor kualitas produk RPP Berbantuan Komputer dalam setiap siklusnya yakni pada siklus I mencapai rerata 56,66 kategori C, siklus II meningkat menjadi 74.44, kategori B dan siklus III memperoleh 76,66 kategori B. Di samping di tandai peningkatan nilai rerata RPP juga ditandai adanya peningkatan prosentase katergori baik sampai sangat baik terhadap kompetensi guru dalam hal mendesain Pembelajaran Berbasis Komputer yaitu pada siklus satu sebesar 58,33%, siklus II sebesar 75% dan akhirnya pada siklus ketiga sebesar 100%.