TRANSFORMASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMK
Main Author: | Mas, Sitti Roskina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2017
|
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1865 http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1865/1096 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this study was to describe: 1) entrepreneurship values transformedinto student , 2) strategy in transforming the values of entrepreneurship, and 3) supportof principals in transforming the values of entrepreneurship to students of SMK KotaGorontalo. This study uses qualitative approach with case study design. Research resultshows: 1) the values of entrepreneurship transformed into students are confidence, task andresults oriented , dare to risk, responsible, honest, hard work, can be leaders of the futureoriented,and originality; 2) strategy conducted through practical activities on the unit ofproduction, business center, room practice, and practice in business / industry, and 3) theprincipal always provide direction and guidance, exemplary as well as provide the means andadequate infrastructure to support the implementation activities practice.Keyword: Transformation, Value of enterpreneurship, Production unitAbstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan 1) nilai-nilai kewirausahaanyang ditransformasikan pada siswa, 2) strategi dalam mentransformasikan nilai- nilaikewirausahaan pada siswa, dan 3) dukungan kepala sekolah dalam mentranformasikan nilainilaikewirausahaan pada siswa SMK Negeri I Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui:wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan alur: reduksi , penyajian, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan: kredibilitas, transfermabalitas,dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan 1) nilai-nilai kewirausahaan yangditransformasikan pada siswa adalah: (a) percaya diri, (b) breorientasi pada tugas dan hasil, (c)berani mengambil resiko, (d) bertanggung jawab, (e) jujur, (f) kerja keras, (g) dapat menjadipemimpin, (h) berorientasi kemasa depan dan (i) keorsinilan; 2) strategi dilakukan melaluikegiatan praktek pada unit produksi, bisnis center, ruang praktek, dan praktek di dunia usaha/industri, dan 3) kepala sekolah selalu memberikan arahan dan bimbingan, keteladanan sertamenyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan pelaksanaanpraktek.Kata kunci: Transformasi, Nilai-nilai kewirausahaan, Unit produksi DOI: https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p115