MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES bELAJAR MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KELOMPOK
Main Author: | Subandiyo, Subandiyo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2016
|
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1855 http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1855/1087 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this research is to improve the ability of teachers to implementPBM through supervision group. The design of this study a qualitative research approachAction Research School. The results showed that the level of ability to carry out teaching andlearning activities teachers Class V increased significantly, in the first cycle obtain the value72.10 (qualifying well), the second cycle obtain the value of 80 (good qualification) and thethird cycle the average value of 86, 50 (excellent qualifications). Based on the results of thisstudy concluded that the ability of teachers to carry out teaching and learning activities throughsupervision groups to increase in value. Based on the conclusions presented suggestions forteachers to continuously improve their ability with the guidance of the school supervisor/principal and learn independently.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakanPBM melalui supervisi kelompok. Rancangan penelitian ini penelitian kualitatif denganpendekatan Penelitian Tindakan Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tingkatkemampuan melaksanakan PBM para guru Kelas V meningkat secara sinifikan, pada SiklusI memperoleh nilai 72,10 (kualifikasi baik), Siklus II memperoleh nilai 80 (kualifikasi baik),dan Siklus III nilai rata-rata 86,50 (kualifikasi sangat baik). Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan PBM melalui supervisikelompok meningkat nilainya. Berdasarkan simpulan dikemukakan saran bagi guru untukterus meningkatkan kemampuannya dengan bimbingan dari pengawas sekolah/kepalasekolah maupun belajar secara mandiri.Kata kunci: kemampuan guru, proses belajar mengajar, supervisi kelompok