PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SMP
Main Author: | Lukitaningsih, Bitah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang
, 2018
|
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/6656 http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/6656/3660 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) memberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan karakter nasionalis, gotong royong dan mandiri peserta didik dalam pembelajaran. Model PjBL memberi kesempatan peserta didik untuk bereksperimen menghasilkan karya sesuai materi terkait. Hal ini akan membuat peserta didik lebih menguasai materi pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembentukan karakter dan prestasi belajar peserta didik kelas IX-A SMPN 7 Kediri tahun pelajaran 2016/2017 dalam mempelajari Bioteknologi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dapat meningkatkan pembentukan karakter dari 68,97% menjadi 89,66%, serta dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dari 58,62% menjadi 86,21%.