PENGARUH REPRESENTASI MIKROSKOPIK DINAMIK DAN STATIK MELALUI STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI ELEKTROKIMIA
Main Authors: | Prasetya, Ferry Budi, Subandi, Subandi, Munzil, Munzil |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/1148 http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/1148/3309 |
Daftar Isi:
- Penelitianini menggunakan rancangan posttest only non-equivalent control group design. Penggunaan rancangan ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitifdan motivasi belajar antara mahasiswa yangdibelajarkan dengan strategi REACT-Mikroskopik Dinamik (REACT-MD) dan strategi REACT-Mikroskopik Statik (REACT-MS) pada materi elektrokimia.Kelas REACT-MD dan kelasREACT-MS merupakan 2 kelas homogen dari 6 kelas di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang.Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kognitif dan angket SMTSL. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif, namun tidak terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas REACT-MD dan kelas REACT-MS.