MODEL KEMITRAAN DESA VOKASI DALAM PEMASARAN PRODUK WIRAUSAHA GEMAWANG KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG
Main Authors: | Astuti, Rizky Viandari, Suminar, Tri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Malang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/6090 http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/6090/3116 |
Daftar Isi:
- Abstract: The results of this study aims to describe the implementation of product marketing, product marketing models and partnerships in supporting and inhibiting factors partnerships in rural vocational Gemawang. This study used a qualitative approach with descriptive methods, techniques of data collection is done by means of interviews, observation and documentation. 1 Chairman of the research subjects in vocational village, the village head Gemawang, the Swamp Jandung partners and 6 head of the business group. The validity of the data used is triangulation theory, data and methods. The data analysis technique is descriptive qualitative phase of data collection, data reduction, presentation and conclusion. The results of this study showed different marketing strategies of each group. Partnership model used is the core plasma, general trade and contract soup. Factors supporting partnerships their dreams and ideals strong to develop mutually beneficial business. inhibiting factor weather and lack of knowledge in establishing partner. Abstrak: Hasil penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemasaran produk, model kemitraan dalam pemasaran produk dan faktor pendukung dan penghambat menjalin kemitraan di desa vokasi Gemawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian seorang ketua desa vokasi, Kepala Desa Gemawang, pihak mitra Jandung Rawa dan 6 ketua kelompok usaha. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teori, data dan metode. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan strategi pemasaran setiap kelompok berbeda. Model kemitraan yang digunakan yaitu inti plasma, dagang umum dan sup kontrak. Faktor pendukung menjalin kemitraan adanya mimpi dan cita-cita yang kuat untuk mengembangkan usaha saling menguntungkan. faktor penghambatnya cuaca dan kurang pengetahuan dalam menjalin mitra.