PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM

Main Authors: Khoirunisa, Ashry, Haryati, Sri, Rery, Radjawaly Usman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2019
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/9150
http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/9150/4817
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan peserta didik berbasis PQ4R pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan garam yang layak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan cara menghitung persentase nilai validasi. Hasil validasi LKPD oleh 3 orang dosen sebagai tim validator ahli materi adalah 94,27% dengan kategori layak dan telah memenuhi aspek kelayakan isi, karakteristik PQ4R, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. 2 orang guru dan 20 orang peserta didik memberikan respon yang positif terhadap LKPD hasil pengembangan dengan persentase penilaian berturut-turut sebesar 95,45% dan 93,89%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.