PENGGUNAAN STUDY HISTORY SHEET PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Sumari, Sumari, Joharmawan, Ridwan, Wulandari, Dwi Ratna, Santoso, Aman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2018
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/5333
http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/5333/3002
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) pada model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar materi asam dan basa. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi-Eksperimental Design jenis Posttest Only Design. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan SHS, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan SHS lebih tinggi daripada yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa SHS dengan nilai signifikansi sebesar 0,015.