Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Manyar

Main Author: NOVITA, DIAN
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2018
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/2888
http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/2888/3217
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Laju Reaksi yang didukung dengan aktivitas siswa selama pembelajaran. Pada pembelajaran ini dilakukan penerapan model pembelajaran Guided Inquiry. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest posttest. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah pembelajaran, keterampilan berpikir kritis siswa tuntas pada semua komponen yang diujikan, yaitu interpretasi, inferensi, analisis dan eksplanasi, dengan rata-rata nilai berturut-turut sebesar 97,14; 100; 54,29 dan 94,28. Aktivitas siswa pada dua pertemuan menunjukkan aktivitas dominan sebesar 97,34% pada pertemuan 1 dan 98,55% pada pertemuan 2 yang mendukung pembelajaran yang melatihkan keterampilan berpikir kritis.