MISKONSEPSI PADA MATERI GUGUS FUNGSI DAN POTENSI STRATEGI KONFLIK KOGNITIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MEMPERBAIKINYA

Main Authors: Ulfah, Maria, Subandi, Subandi, Munzil, Munzil
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2017
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/2702
http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/2702/1729
Daftar Isi:
  • Gugus fungsi merupakan salah satu materi kimia organik yang masih dianggap sulit oleh sebagian mahasiswa dan memiliki cakupan yang luas. Kesulitan belajar pada materi ini dikarenakan beberapa faktor, yakni:sifat multidimensi materi kimia organik, sikap pebelajar terhadap pembelajaran kimia organik, dan adanya miskonsepsi. Untuk mengatasi miskonsepsi materi gugus fungsi akan digunakan strategi konflik kognitiv. Karakteristik materi yang multidimensional akan lebih efektif bila materi ajar dibelajarkan dengan multipel representasi. Makalah ini akan mengkaji beberapa miskonsepsi yang dialami mahasiswa pada materi gugus fungsi dan keefektivitan strategi konflik kognitiv dalam memperbaiki miskonsepsi tersebut. Metode kajian yang dgunakan adalah studi literatur.