Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA SMP

Main Author: Asmah, Asmah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2019
Online Access: http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/152
http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/152/85
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Untuk menjawab permasalahan pembelajaran IPA tersebut, diterapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang mengajak siswa untuk memahami persoalan secara kontekstual dan memecahkannya.  Kemampuan pemecahan masalah ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkat setelah menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA Kelas IX-B SMP Negeri 11 Kota Bima. Analisis data menggunakan analisis deskriptif serta analisis kuantitatif atas tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian pada Siklus II, sebanyak 88% siswa berhasil mencapai nilai KKM  yaitu 70. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPA