Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kontekstual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Main Author: Nurfathurrahmah, Nurfathurrahmah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima , 2018
Online Access: http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/7
http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/7/16
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis kontekstual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa tahun akademik  2017/2018. Penelitain ini penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahapan setiap siklus meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi,  (4) refleksi. Subyek penelitian 23 mahasiswa  kelas II B  program studi pendidikan biologi pada semester genap. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis diberikan dalam bentuk soal essay pretest-postest yang meliputi enam indikator yaitu mengklasifikasi, mengasumsi, memprediksi dan hipotesis, menginterpretasi data/membuat kesimpulan, mengevaluasi, menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada setiap siklus pada saat pretest berada pada kategori sangat kurang kritis siklus I (39,86), siklus II kategori kurang kritis (58,30). Kategori kemampuan berpikir kritis mahasiswa meningkat pada postest seiring dengan peningkatan nilai yaitu siklus I 64,26 dikategorikan sedang sedangkan siklus II 75,52 dikategorikan kritis. Peningkatan dari pretest ke postest juga terlihat dari N-Gain (persentase peningkatan) menunjukkan siklus I 0,002 (2%) dan siklus II 0,001 (1%) peningkatan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan terdapat 1% peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II meskipun masih dikategorikan rendah.