Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Kooperatif Mahasiswa

Main Authors: Nurfathurrahmah, Nurfathurrahmah, Indra Jayanti, Mei, Ariyansyah, Ariyansyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima , 2020
Online Access: http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/380
http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/380/245
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kooperatif mahasiswa. Metode penelitian Quasi eksperiment, Teknik pengumpulan data untuk kemampuan berpikir kreatif berupa penilaian pada saat post-test dan pre-test, sedangkan pada sikap kooperatif menggunakan lembar observasi penilaian pada saat mengerjakan proyek serta mempresantikan hasil proyek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dari pretest ke posttest sebesar 82% (N-Gain=0,82) dikategorikan tinggi, begitupula sikap kooperatif mahasiswa dikategorikan tinggi. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kooperatif mahasiswa.