Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang

Main Author: Budi Adam, Ahmad Fajarisma
Other Authors: Diterbitkan oleh Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan , 2014
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/1915
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/1915/2020
Daftar Isi:
  • Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 MalangAhmad Fajarisma Budi AdamMagister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah MalangEmail: fajarudin05@gmail.comAbstract:The objectives of the study are: 1) to explain the implementation of the policy of living environment-based curriculum in adiwiyata mandiri program; 2) to explain the supporting and inhibiting factors in the implementation of the policy of living environment-based curriculum in adiwiyata mandiri program; 3) to explain the solution in facing the barriers towards the implementation of the policy of living environment-based curriculum in adiwiyata mandiri program.The approach used in this study was descriptive qualitative and the results of this study are: 1) the implementation of the policy living environment-based curriculum in adiwiyata mandiri program at SD Negeri Dinoyo 2 Malang is stipulated in the decision letter of principal about the development of living environment learning materials and in teaching learning activities. Living environment learning has been implemented monolithically from 1st grade until 6th grade; 2) supporting and inhibiting factors in implementing the policy of living environment-based curriculum in adiwiyata mandiri program include from teachers, students, and facilities and infrastructures; 3) the solution in facing the obstacles towards the implementation of the policy of living environment-based curriculum in adiwiyata mandiri program at SD Negeri Dinoyo 2 Malang by carrying out several programs.Keywords: policy implementation, living environment-based curriculumAbstrak:Penelitian ini bertujuan: 1) menjelaskan implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup pada program Adiwiyata Mandiri; 2) menjelaskan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup pada program Adiwiyata Mandiri; 3) menjelaskan solusi dalam menghadapi hambatan terhadap implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkugan hidup pada program Adiwiyata Mandiri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah deskriptif kualitatif dan hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup pada program Adiwiyata Mandiri di SD Negeri Dinoyo 2 Malang dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang pengembangan materi pembelajaran lingkungan hidup dan dalam kegiatan belajar mengajar telah dilakukan pembelajaran lingkungan hidup secara monolitik dari kelas 1 sampai dengan kelas 6; 2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup pada program Adiwiyata Mandiri meliputi dari guru, anak didik, serta sarana dan prasarana; 3) solusi dalam menghadapi hambatan terhadap implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkugan hidup pada program Adiwiyata Mandiri di SD Negeri Dinoyo 2 Malang dengan melakukan beberapa program.Kata kunci : implementasi kebijakan, kurikulum berbasis lingkungan hidup