Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum SMP Islam Ma’arif 02 Malang

Main Author: Yuli Winarsih, Tjatur
Other Authors: Diterbitkan oleh Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan , 2014
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/1906
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/1906/2011
Daftar Isi:
  • Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum SMP Islam Ma’arif 02 MalangTjatur Yuli WinarsihGuru SMP Islam Ma’arif 02 MalangEmail: yoeliwina@gmail.comAbstract:The development of curriculum is in accordance with the needs, potential and school condition, school management with School-Based Management model can enhance the quality of graduates. This study used qualitative approach. Data collection was interview, observation and documentation. The result was; the base of curriculum development as School-Based Management was (a) philosophic base, (b) psychological base, (c) sociological-technological base. The strategies of curriculum development are (a) the socialization of school-based curriculum, (b) arrangement process, (c) creating conducive situation, (d) preparing the sources of learning, (e) fostering the discipline, (f) principal’s independence, (g) building teachers’ character. The external supporting factor is the clarity of the policy and internal factors are the leadership of principal and educators and educational staff. The impact from curriculum development as the implementation of school-based management gives positive impacts towards principal, teachers and students.Keywords:MBS implementation, curriculum developmentAbstrak:Pengembangan kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan, potensi dan kondisi sekolah, pengelalolaan sekolah dengan model MBS dapat meningkatkan mutu lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa : landasan pengembangan kurikulum sebagai MBS adalah (a) Landasan Filosofis, (b) landasan Psikologis, (c) landasan Sosiologis-Teknologis, Strategis pengembangan kurikulum yaitu (a) sosialisasi KTSP, (b) proses penyusunan, (c) menciptakan suasana yang konduksif, (d) menyiapkan sumber belajar, (e) membina disiplin, (f) kemandirian kepala sekolah, (g) membangun Karakter guru . Faktor pendukung eksternal yaitu kejelasan kebijakan dan faktor internal yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan tenaga pendidik dan kependidikan. Dampak dari pengembangan kurikulum sebagai implementasi MBS memberikan dampak yang positif bagi kepala sekolah, guru dan peserta didik Katakunci: implementasi MBS, pengembangan kurikulum.