Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Berseri Siswa Sekolah Dasar

Main Author: Siddik, Mohammad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3187
http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3187/pdf
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this study is to improve the narrative writing learning and evaluation using serial images. This study uses the classroom action research. The subject of this study is grade IV primary school by 36 students. The results showed significant increase on students’ writing activity gradually. Evaluation of the process shows an increase in the effectiveness of the teachers’ direction to the performed activity and students’ ability. Evaluation of learning outcomes showed that cycle 1 reached good category (89%) and cycle 2 reached very good category (96%). It is recommended to principals for support the improvement of the writing narrative learning understanding and implementation on class.Keywords: narrative writing, serial images, primary school.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran menulis karangan narasi dan evaluasi menggunakan gambar berseri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kegiatan menulis siswa secara bertahap. Evaluasi proses menunjukkan peningkatan efektivitas arahan guru terhadap aktivitas yang dilakukan dan kemampuan yang dikuasai siswa. Evaluasi hasil belajar siswa menunjukkan ada peningkatan pada siklus 1 mencapai kategori baik (89%)dan siklus 2 mencapai kategori sangat baik (96%). Disarankan kepala sekolah mendorong dan membina guru untuk berupaya meningkatkan pemahaman pembelajaran menulis karangan narasi dan pelaksanaannya di kelas.Kata Kunci : menulis karangan narasi, gambar berseri, sekolah dasar