Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar
Main Author: | Desyandri, Desyandri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/2115 http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/2115/pdf |
Daftar Isi:
- Abstract: This study aims to revealing and applying the local wisdom value, especially on Minang songs, for cultural literacy growth in elementary school to avoided of cultural depletion. The research uses hermeneutic analysis methods to reveal the values of local wisdom on Minang songs and ethnographic methods to photograph the process of implicating those values. The results of the study explain that the learning steps are done by collaborating and inserting the local wisdom values as means as cultural literacy with (1) appreciation; (2) imitating ; (3) express the song; (4) identifying and understanding; and (5) implementing the meaning of local wisdom.Keywords: local wisdom, Minang song, cultural literacy at primary schoolAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung pada lagu daerah khususnya lagu-lagu Minang dalam menumbuhkembangkan literasi budaya di SD agar terhindar dari ketercerabutan dari budaya. Metode penelitian menggunakan analisis hermenutik untuk mengungkap nilai-nilai kearifan lokal lagu-lagu Minang dan metode etnografi untuk memotret proses pengimplentasian nilai-nilai tersebut. Hasil penelitian menjelaskan bahwa langkah pembelajaran dilakukan dengan dengan menggabungkan dan menyisipkan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sarana literasi budaya dengan cara: (1) Apresiasi; (2) Menirukan lagu; (3) mengekspresikan lagu; (4) Mengidentifikasi dan memahami makna nilai-nilai kearifan lokal; dan (5) Mengimplementasikan nilai-nilai kearifan lokal.Kata kunci: kearifan lokal, lagu Minang, literasi budaya SD