PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUPOINT BAGI ANAK USIA 5-6 TAHUN

Main Authors: Sholihah, Siti Rodliyah Ummus, Kustiawan, Usep
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/7538
http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/7538/4779
Daftar Isi:
  • This research was conducted with the aim of producing a Edupoint learning media that is valid, effective, efficient and interesting so as to facilitate the learning process in terms of planting transportation concepts in the TK ABA 26 Malang. The results of this study can be used as a teacher's aid in delivering thematic learning material and provide meaningful learning for children. The study using the ADDIE model consists of 5 steps including analysis, design, development, implementation, evaluation. The technique of data collection used in this study were using form interview, questionnaires and observation sheets. The results of this study indicate that the development of Edupoint learning media (Education Power Point) the theme of transportation for children aged 5-6 years meets the criteria of valid, effective, efficient, and attractive Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan sebuah media pembelajaran Edupoint yang valid, efektif, efisien dan menarik sehingga mampu mempermudah proses pembelajaran dalam hal penanaman konsep alat transportasi di TK ABA 26 Malang. Hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tematik dan memberikan pembelajaran yang bermakna bagi anak. Penelitian menggunakan model ADDIE ini terdiri dari 5 langkah utama yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini mencakup Angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Edupoint (Education Power Point) tema alat transportasi bagi anak usia 5-6 tahun memenuhi kriteria valid, efektif, efisien, dan menarik.