PENERAPAN PERMAINAN SIGHT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A2 DI TK NEGERI PEMBINA 5 MALANG

Main Authors: Azmi, Novi Suci Kumala, Iriyanto, Tomas, Astuti, Wuri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2019
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/7249
http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/7249/4292
http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/downloadSuppFile/7249/1250
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian dengan penerapan permainan sight word bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah: permainan sight word dan kemampuan berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan menggunakan model Kemmis & MC. Taggart. Terdapat empat tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan perbaikan rencana. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara dengan indikator anak mampu mengutarakan pendapat kepada orang lain dan anak mampu mengungkapkan perasaan dengan kata sifat. Pelaksanaan siklus I pertemuan 1 dan 2 menunjukkan hasil persentase ketercapaian kelas 69% dan siklus II pertemuan 1 dan 2 menunjukkan hasil persentase 94%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara anak dengan penerapan permainan sight word.Abstract: Research with the application of sight word games aims to improve speaking skills in children aged 4-5 years. The variables in this study are: sight word games and speaking ability. This type of research is classroom action research and uses the Kemmis & MC Taggart model. Variabel of this research: planning, action, observation, reflection and improvement of the plan. The scope of this research is the ability to speak with indicators that children are able to express opinions to others and children are able to express feelings with adjectives. The implementation of the first cycle of meetings 1 and 2 showed the results of 69% class achievement percentage and meeting 1 and 2 cycle II showed a percentage of 94%. These results indicate that there is an increase in children's speaking skills with the appliation of sight word game.