Pengenalan Bentuk Bangun Datar melalui Media Colour Geometry bagi Anak Usia 3-4 Tahun
Main Authors: | Krisnawati, Ira, Rahmawati, Arum Dwi, Susdarwati, Susdarwati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/14188 http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/14188/6059 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses stimulasi pengenalan bentuk bangun datar pada anak usia 3-4 tahun 2) meningkatkan kemampuan mengelompokkan ukuran dan bentuk bangun datar melalui media colour geometry. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan dalam kemampuan mengenal bentuk bagun datar, meliputi: a) mengenal bentuk bangun datar; b) mengelompokkan ukuran bangun datar; c) mengelompokkan bentuk bangun datar. 2) Media colour geometry dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk bangun datar, mengelompokkan ukuran bangun datar dan mengelompokkan bentuk bangun datar sebesar 86,6%, dengan hasil pada siklus I diperoleh 73,3% anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik. Pada siklus II diperoleh 80% anak yang kemampuannya berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media colour geometry dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk bangun datar, mengelompokkan ukuran bangun datar dan mengelompokkan bentuk bangun datar.