Pengaruh Inquiry-Student Team Achievement Division (INSTAD) learning model berbantuan google classroom terhadap critical thinking skills siswa SMA Nasional Malang

Main Authors: Wiratama, Ira Rizky, Wirahayu, Yuswanti Ariani, Insani, Nailul
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal3.um.ac.id/index.php/fis/article/view/2507
http://journal3.um.ac.id/index.php/fis/article/view/2507/1693
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan model pembelajaran InSTAD dapat memberikan pengalaman kepada siswa untuk memperoleh pengetahuannya sendiri berdasarkan penyelidikan yang telah dilakukan bersama kelompoknya. Model ini membuat siswa saling bekerjasama tidak hanya menghafal materi, namun juga melatih siswa memiliki critical thinking skills. Model ini juga melatih siswa mengembangkan kemampuannya dalam memahami suatu konsep berdasarkan penyelidikan, sehingga siswa akan terdorong untuk berpikir, bersikap objektif, dan menjadi lebih aktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah model InSTAD berbantuan Google Classroom berpengaruh terhadap critical thinking skills siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experiment. Subjek penelitian yang digunakan ialah siswa SMA Nasional Malang dari kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 sebagai kelas experiment dan control. Hasil uji t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 menunjukkan bahwa Inquiry-Student Team Achievement Division (InSTAD) Learning Model berbantuan google classroom berpengaruh terhadap critical thinking siswa. Perolehan N-Gain Score sebesar 57,26 persen membuktikan bahwa model Instead cukup efektif dalam meningkatkan critical thinking skills siswa.