Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS MA Bilingual Batu

Main Authors: Istni, Tamammudin, Utomo, Dwiyono Hari, Utaya, Sugeng
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal3.um.ac.id/index.php/fis/article/view/1958
http://journal3.um.ac.id/index.php/fis/article/view/1958/1471
Daftar Isi:
  • Learning Geography emphasizes students to have critical thinking skills. Students' critical thinking skills can be improved with the PBL model. Problems that exist around students can be solved in student activity through group discussions contained in the PBL model to solve a real problem that exists around the student environment. This study was conducted to determine the effect of the PBL model assisted by LKPD on the critical thinking skills of students in the Geography subject of class XI IPS MA Bilingual Batu. This study is a quasi-experimental study using two classes, namely class XI IPS 1 as the experimental class and class XI IPS 2 as the control class which was selected by random sampling. The research design used is Posttest Only Control Group Design. The instrument used is five essay questions to determine students' critical thinking skills. Data analysis was carried out using a prerequisite test consisting of a normality test and a homogeneity test as well as a t test (t test). Based on the hypothesis test that has been carried out, it is known that the significance value is less than 0.05 so that the PBL model assisted by LKPD has an effect on the critical thinking ability of the Geography subject of class XI IPS MA Bilingual Batu students. Pembelajaran Geografi menekankan siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan dengan model PBL. Permasalahan yang ada disekitar siswa dapat dipecahkan dalam keaktifan siswa melalui berdiskusi kelompok yang terdapat dalam model PBL guna memecahkan sebuah permasalahan nyata yang ada di sekitar lingkungan siswa. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh model PBL berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS MA Bilingual Batu. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah lima butir soal esai untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas serta uji t (t test). Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diketahui nilai signifikansi kurang 0,05 sehingga model PBL berbantuan LKPD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS MA Bilingual Batu.