Implementasi penguatan pendidikan karakter pada video pembelajaran yang dikembangkan oleh guru-guru di Korwil 1 MKKS SMP Swasta Kota Malang

Main Authors: Fauziyah, Lia Nurul, Nurcahyo, Hendrawan, Hidayanti, Lusi, Syihabuddin, Moch. Fajrulsyah, Maskulin, Dewi, Untari, Sri
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal3.um.ac.id/index.php/fis/article/view/1621
http://journal3.um.ac.id/index.php/fis/article/view/1621/1249
Daftar Isi:
  • The aims of this research are: (1) developing learning videos that integrate character education for teachers in Korwil 1 MKKS Private Junior High Schools in Malang; (2) describe the understanding of teachers in Korwil 1 MKKS Private Junior High School in Malang City regarding learning videos that integrate character education; (3) describe the ability of teachers from Korwil 1 MKKS Private Junior High School Malang in developing learning videos that integrate character education. One of the learning video media used is the Camtasia application. The research method used is a participatory qualitative method. This participatory method emphasizes the full involvement of participants in the process of making learning videos that integrate character education. The subjects of this study were teachers from Korwil 1 MKKS Private Junior High School Malang with a total of 20 participants. As an effort to develop learning videos that integrate character education, a mentoring and provision of materials on making learning videos that integrate character education is carried out. To find out the understanding of learning videos that integrate character education, pretest and posttest tests are carried out, and to determine the ability of teachers from Korwil 1 MKKS Private Junior High Schools of Malang City, mentoring and performance of the results of making learning videos that integrate character education is carried out. Based on the analysis of the results of the pretest and posttest, the average pretest is classified as "enough". While the average posttest is classified as "very good". Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan video pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter bagi guru-guru di Korwil 1 MKKS SMP Swasta Kota Malang; (2) mendeskripsikan pemahaman guru-guru di Korwil 1 MKKS SMP Swasta Kota Malang mengenai video pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter; (3) mendeskripsikan kemampuan guru-guru yang berasal dari Korwil 1 MKKS SMP Swasta Kota Malang dalam mengembangkan video pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter. Media video pembelajaran yang digunakan salah satunya adalah aplikasi Camtasia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif partisipatif. Metode partisipatif ini lebih menekankan pada keterlibatan penuh dari peserta dalam proses pembuatan video pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter. Subjek penelitian ini adalah guru-guru yang berasal dari Korwil 1 MKKS SMP Swasta Kota Malang dengan jumlah 20 peserta. Sebagai upaya dalam pengembangan video pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter, dilakukan sebuah pendampingan dan pemberian materi mengenai pembuatan video pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter. Untuk mengetahui pemahaman mengenai video pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter dilakukan uji pretest dan posttest, dan untuk mengetahui kemampuan guru-guru yang berasal dari Korwil 1 MKKS SMP Swasta Kota Malang dilakukan pendampingan dan unjuk kerja hasil pembuatan video pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter. Berdasarkan analisis hasil pretest posttest, rata-rata pretest mendapatkan tergolong dalam kriteria “cukup”. Sedangkan hasil posttest tergolong “sangat baik”.