Pengaruh penerapan model team based learning (TBL) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi teori kinetik gas kelas XI SMA Negeri 01 Batu

Main Authors: Rizal Dzikrillah, Akhmad, Sutarman, Sutarman, Koes Handayanto, Supriyono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2021
Subjects:
Online Access: http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/914
http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/914/937
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar fisika siswa pada materi teori kinetik gas yang belajar dengan model Team Based Learning (TBL) lebih baik daripada dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan posttest only design. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik non-parametrik Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian adalah hasil belajar fisika siswa yang belajar dengan model TBL lebih baik daripada hasil belajar fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan taraf kepercayaan 95 persen.