Analisis Perencanaan Bahan Ajar IPA Berbasis PjBL-STEM pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya sebagai Peluang Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik

Main Authors: Dwi Nurfadhilah, Lutviyah , Parno, Parno, Sugiyanto, Sugiyanto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/327
http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/327/300
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis perencanaan bahan ajar IPA dengan model pembelajaran PjBL-STEM pada materi tekanan zat dan penerapannya untuk kelas VIII SMP/MTs. Model penelitian merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan four-D oleh Thiagarajan (1974). Salah satu tahapan yang dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar yaitu tahap perancangan (design). Pada tahap design terdapat penentuan desain bahan ajar dan penyusunan draf awal bahan ajar, sehingga pengembang melakukan pengembangan bahan ajar berupa buku cetak.