Pengembangan bahan ajar ipa terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP/MTs kelas VIII
Main Authors: | Lena Siswanti, Kirara, Nida, Safwatun , Sugiyanto, Sugiyanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/323 http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/323/295 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan bahan ajar IPA terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP/MTs kelas VIII yang valid dan layak. Pengembangan bahan ajar berupa buku siswa dan buku guru. Bahan ajar yang dikembangkan melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Uji keterbacaan dilakukan oleh guru dan siswa. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari perhitungan skor hasil validasi dan uji keterbacaan, sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar yang diberikan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan sudah valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi zat aditif dan zat adiktif.