Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Fisika pada Materi Momentum dan Impuls Menggunakan Aplikasi Socrative
Main Authors: | Anjarsari, Rega Dwi , Utami, Yusnia Tri Siwi , Kurniawan, Bakhrul Rizky |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/2350 http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/2350/1658 |
Daftar Isi:
- The ability to understand concepts is fundamental. A good understanding of the concept will improve students' ability to solve and conclude a physics problem. One way that can be done to determine the understanding of the concepts that students have is by conducting an analytical test which aims to test the level of student understanding. During the COVID-19 pandemic, the use of conventional analytical tests could not be carried out effectively, so socrative media could be a solution as a medium for data collection and analysis. This study aims to analyze and find out the understanding of physics concepts at the student level, especially on momentum and impulse material which is carried out through socrative applications. The method used in this research is descriptive quantitative. Based on the results of the concept understanding research conducted on 31 prospective physics teacher students, the overall percentage of understanding the concepts of momentum and impulse was 42 percent and included in the medium category. The lowest understanding is known in the impulse submaterial, while the highest understanding is known in the perfectly elastic collision submaterial. Kemampuan pemahaman konsep merupakan hal yang fundamental. Pemahaman konsep yang baik, akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan dan menyimpulkan suatu permasalahan fisika. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui pemahaman konsep yang dimiliki mahasiswa, yaitu dengan melakukan tes analisis yang bertujuan untuk menguji tingkat pemahaman mahasiswa. Pada masa pandemi COVID-19 penggunaan tes analisis secara konvensional tidak dapat dilakukan secara efektif, sehingga media socrative dapat menjadi solusi sebagai media pengumpulan data dan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pemahaman konsep fisika tingkat mahasiswa khususnya pada materi momentum dan impuls yang dilakukan melalui aplikasi socrative. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pemahaman konsep yang dilaksanakan pada 31 mahasiswa calon guru fisika diperoleh hasil persentase secara keseluruhan terhadap pemahaman konsep momentum dan impuls sebesar 42 persen dan termasuk pada kategori sedang. Pemahaman terendah diketahui pada submateri impuls, sedangkan pemahaman tertinggi diketahui pada submateri tumbukan lenting sempurna.