Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep siswa SMA pada materi momentum dan impuls

Main Authors: Rahma Widya Kusumaningrum, Seli Aditya, Handy Faishal Rahim, Endang Purwaningsih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/2258
http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/2258/1625
Daftar Isi:
  • The purpose of writing this article is to analyze whether there is an increase in the mastery of the concept of groups who learn to use the Problem Based Learning model assisted by animation on momentum and impulse material, as well as describe the difficulties in working on momentum and impulse questions. one group pretest and posttest design. The sample in this study was 27 students of class X. The instrument used in the form of 12 multiple choice questions to measure students' mastery of concepts and to measure the difficulties faced by students was an unstructured interview guide. The research data were analyzed using inferential tests so that the results obtained were differences before and after learning with a gain value of 0.60 with a medium group and an impact strength value of 1.87 with a high group, so it can be concluded that there is a significant effect of animation-assisted problem based learning on concept mastery. student. The difficulties faced by students in general are interpreting physics symbols and understanding the meaning of the problem to determine the right equation to solve the problem. The implications of research results on education are that it can be an effort to improve students' mastery of concepts and identify student difficulties for evaluation to optimize the next learning process.   Tujuan penulisan artikel ini adalah menganalisis apakah terdapat peningkatan penguasaan konsep kelompok yang belajar menggunakan  model Problem Based Learning berbantuan animasi pada materi momentum dan impuls, serta mendeskripsikan kesulitan – kesulitan dalam mengerjakan soal momentum dan impuls Penelitian ini memakai  metode mix method - embedded experimental design dengan desain one group pretest and posttest design. Sampel pada penelitian ini 27 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan berupa 12 soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep siswa dan untuk mengukur kesulitan yang dihadapi siswa adalah pedoman wawancara tak terstruktur. Data penelitian dianalisis menggunakan uji inferensial sehingga didapatkan hasil terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan nilai gain 0,60 dengan golongan sedang dan nilai kekuatan dampak 1,87 dengan golongan tinggi, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan pembelajaran problem based learning berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep siswa. Kesulitan yang dihadapi siswa secara umum yaitu menginterpretasi simbol – simbol fisika dan memahami maksud dari soal untuk menentukan persamaan yang tepat untuk menyelesaikan soal. Implikasi hasil penelitian terhadap pendidikan yaitu dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dan identifikasi kesulitan siswa guna evaluasi untuk mengoptimalkan proses pembelajaran selanjutnya.