Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan teorema pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII
Main Authors: | Emsa Arifin, Mohammad, Nurul Hidayah, Indriati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/1108 http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/1108/1054 |
Daftar Isi:
- Penyelenggaraan pembelajaran matematika yang mampu mengaktifkan siswa tidak lepas dari peran guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materiteorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII yang valid dan praktis. Pengembangan perangkat pembelajaran ini berdasarkan model pengembangan Plomp namun hanya 4 tahap yaitu: (1) tahap investigasi awal, (2) tahap desain, (3) tahap realisasi, dan (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi. Berdasarkan analisis pengembangan diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis.