Pengembangan E-Modul Bahasa Mandarin Perkenalan Diri sebagai Media Belajar Mandiri untuk Siswa Kelas X IBB SMA Laboratorium UM

Main Authors: Yasmin, Shofiya Natasya, Ardiyani, Dewi Kartika , Mardasari, Octi Rjeky
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/2535
http://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/2535/1840
Daftar Isi:
  • Abstract: This research and development has the aim of developing an e-module for learning Chinese. The developed e-module is adapted from the Chinese syllabus for high school grade 10 KD 3.1, 3.2, 3.3 and uses the general theme, self-introduction. E-modul Perkenalan Diri is expected to help students of high school grade 10 study independently. This research uses the ADDIE development model which the development process has five steps; analyze, design, development, implementation, and evaluation. The type of data in this study is qualitative data and supported by quantitative. The instruments used in this research are daily notes and questionnaires for validators and students. The e-module developed has gone through a validation process carried out by material experts and media experts and has gone through a trial process with class X IBB students from SMA Laboratorium UM as the subject. Based on the results of material validation questionnaires, media validation questionnaires, and student questionnaires, e-modules get a worthy category to be used as independent teaching materials. Keywords: developing; e-modul; Chinese Language; self learning Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul pembelajaran bahasa Mandarin. E-modul yang dikembangkan disesuaikan dengan silabus bahasa Mandarin untuk kelas X SMA KD 3.1, 3.2, 3.3 dan menggunakan tema umum perkenalan diri. E-modul Perkenalan Diri diharapkan dapat membantu siswa kelas X SMA untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana proses pengembangannya terdapat lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif yang didukung oleh kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah catatan harian dan angket untuk validator dan siswa. E-modul yang dikembangkan telah melewati proses validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta telah melewati proses uji coba dengan subjek siswa kelas X SMA Laboratorium UM. Berdasarkan hasil angket validasi materi, angket validasi media dan angket siswa, e-modul mendapatkan kategori layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri. Kata kunci: pengembangan; e-modul; bahasa Mandarin; belajar mandiri