Penerapan Aplikasi Chineasy untuk Melatih Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IPS 5 SMAN 6 Malang
Main Authors: | Putra, Afif Yufanza, Usman, Rizman, Ventivani, Aiga |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/2129 http://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/2129/1731 |
Daftar Isi:
- Abstract: Students of class X IPS (tenth grade of social science major) 5 SMAN 6 Malang experienced problems in learning vocabulary while studying Mandarin. This study aims to improve the students’ Chinese vocabulary mastery by applying the Chineasy application and to perceive the students’ responses. This study used a qualitative descriptive method and used three stages of research procedures, namely pre research, research, and post research. The data in this study were the results of observations and interviews, while the data sources in this study were students of class X IPS 5 across major-interest SMAN 6 who took part in Mandarin learning. Data collection techniques in this study are observation and interviews. The results of the study showed that students were able to follow the lesson well and students did not find any obstacles in using the Chineasy application. In addition, students responded positively to the Chineasy application. Based on the results of the research, the Chineasy application can be used as a tool to assist students in mastering Chinese vocabulary. Keywords: Chineasy application; vocabulary; Chinese language Abstrak: Siswa kelas X IPS 5 SMAN 6 Malang mengalami kendala dalam mempelajari kosakata saat menempuh pembelajaran bahasa Mandarin. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian penerapan aplikasi Chineasy. Penelitian ini bertujuan untuk membantu penguasaan kosakata bahasa Mandarin dengan menerapkan aplikasi Chineasy dan untuk mengetahui respons siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan tiga tahap prosedur penelitian yaitu pra penelitian, penelitian, dan pasca penelitian. Data dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan hasil wawancara, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 5 lintas minat-mayor SMAN 6 yang mengikuti pembelajaran bahasa Mandarin. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan lancar dan siswa tidak menemukan kendala dalam menggunakan aplikasi Chineasy. Selain itu, siswa memberikan respons positif terhadap aplikasi Chineasy. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi Chineasy dapat digunakan sebagai media bantu siswa dalam menguasai kosakata bahasa Mandarin. Kata kunci: aplikasi Chineasy; kosakata; bahasa Mandarin