Manajemen Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas

Main Authors: Musthofa, Musthofa, Arifin, Imron, Juharyanto, Juharyanto, Supriyanto, Achmad
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/2152
http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/2152/1563
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this study is to describe management of Bela Negara and Kemaritiman curriculum in building students character at senior high school. This research used a qualitative approach with a case study. The reasons to use a case study is the research metode focused on a unique case of detailed. Data resources for this study include; curriculum expert staff as key informant, headmaster, vice principal of the curriculum, and special curriculum implementation team as additional informant. Data were analysed through data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The study results show that Bela Negara and Kemaritiman curriculum through learning activities, training activities, and parenting activities then supported by a boarding school education system, Bela Negara and Kemaritiman curriculum explore the strong national character in students consists of tolerance value, discipline, hard work, independent, responsible, and has the soul of nationalism. Abstrak: Tujuan penelitian ini medeskripskan manajemen kurikulum bela negara dan kemaritiman dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Alasan menggunakan jenis penelitian studi kasus adalah metode penelitian ini memusatkan perhatian pada suatu peristiwa yang unik secara rinci. Sumber data penelitian ini antara lain; Staf Ahli Kurikulum sebagai informan kunci, serta Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Kurikulum, dan tim pelaksana kurikulum khusus sebagai informan tambahan. Analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kurikulum bela negara dan kemaritiman melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan pelatihan, dan kegiatan pengasuhan serta didukung dengan sistem pendidikan sekolah berasrama, kurikulum bela negara dan kemaritiman ini menghasilkan pembentukan karakter kebangsaan pada peserta didik yang kuat yakni nilai toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, tanggung jawab, dan memiliki jiwa nasionalisme.