Penerapan Kegiatan Menggambar, Melipat, Menempel (3M) Untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Kelompok B TK AGAPE
Main Authors: | Salindeho, Shinta Christina, Kustiawan, Usep, Maningtyas, Rosyi Damayani Twinsari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/2149 http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/2149/1560 |
Daftar Isi:
- Abstract: This research aims to improve the fine arts skills of children in group B of AGAPE Kindergarten by implementing 3M activities (drawing, folding, sticking). This research uses the CAR research method (Classroom Action Research). The results showed that the application of 3M activities (drawing, folding, sticking) could improve children's art skills as evidenced by an increase from the first cycle of 55.23 percent to 76.19 percent in the second cycle. Based on the presentation of the results of increasing children's art skills with 3M activities from cycle I to cycle II, it was 20.95 percent. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok B TK AGAPE dengan penerapan kegiatan 3M (menggambar, melipat, menempel). Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK (Penelitian Tindak Kelas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan 3M (menggambar, melipat, menempel) dapat meningkatkan kemampuan seni rupa anak terbukti dengan adanya peningkatan dari siklus I sebesar 55,23 persen menjadi 76,19 persen pada siklus II. Berdasarkan pemaparan hasil peningkatan kemampuan seni rupa anak dengan kegiatan 3M dari siklus I ke siklus II sebesar 20,95 persen.