Penerapan Kegiatan Membatik Jumputan untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng

Main Authors: Wisma, Rinda Yanuar, Kustiawan, Usep, Maningtyas, Rosyi Damayani Twinsari
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/2148
http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/2148/1559
Daftar Isi:
  • Abstract: The development of fine arts in early childhood is a stimulus to develop children's creativity. However, the development of art for the children of group B in TK Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng has not been seen optimally. The child looks doubtful, insecure, and often imitates. Through jumputan batik activities, it aims to increase children's confidence, curiosity, freedom to be creative and free to express their creative ideas. In this study using classroom action research, this research uses 4 stages, namely, planning, implementation, observation and reflection stages. This research was conducted in 2 cycles. This data collection technique uses observation, interview, and documentation techniques. The result of pre-action class success percentage is 41.1 percent. The results showed that in the first cycle the percentage of class success through jumputan batik activities was 61.75 percent with the category less achieved. Meanwhile, in the second cycle, the percentage of class success was 82.3 persen with many categories being achieved. From the results of the research, the jumputan batik activity can improve the fine arts skills of group B children in TK Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng. Keywords: ; fine arts; early childhood Abstrak Perkembangan seni rupa pada anak usia dini merupakan suatu rangsangan yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas anak. Namun, pada perkembangan seni rupa anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng belum terlihat optimal. Anak terlihat ragu, tidak percaya diri, dan sering meniru. Melalui kegiatan membatik jumputan bertujuan meningkatkan kepercayaan diri anak, rasa ingin tahu, bebas berkreasi serta bebas menuangkan ide-ide kreatifnya. Pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan 4 tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pratindakan persentase keberhasilan kelas sebesar 41,1 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I presentase keberhasilan kelas melalui kegiatan membatik jumputan diperoleh sebesar 61,75 persen dengan kategori kurang tercapai. Sedangkan, pada siklus II di peroleh presentase keberhasilan kelas sebesar 82,3 persen dengan kategori banyak yang tercapai. Dari hasil penelitian maka kegiatan membatik jumputan dapat meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng.