Penerapan Kegiatan M3 (Menggambar, Merobek, Menempel) Untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Kelompok B Di Tk Islam Plus Kidz
Main Authors: | Sabillah, Lailatus, Kustiawan, Usep, Maningtyas, Rosyi Damayani Twinsari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/2146 http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/2146/1557 |
Daftar Isi:
- Abstract: The M3 (Drawing, Tearing, Sticking) activity is a classroom action research that focuses on efforts to improve children's fine arts skills that combines 3 art activities, namely drawing, tearing, and pasting. The purpose of this study was to improve the artistic ability of children through M3 activities (Drawing, Tearing, Sticking) for children aged 5-6 years. Planning studies using models kurt lewin which in this model there are four components a) Planning, b) Action, c) Observations, and d) Reflection. The development of fine arts skills through M3 activities (Drawing, Tearing, Sticking) had a very good impact on the children of Group B in the Islamic Kindergarten Plus Kidz. Children who were initially hesitant to do drawing, tearing, sticking activities became more confident in carrying out the concept of activities, this was known through the comparison of pre-cycle results which showed a value of 27.27 percent to 81.81 percent in the second cycle. Abstrak: Kegiatan M3 (Menggambar, Merobek, Menempel) adalah sebuah penelitian mengenai tindakan kelas yang memiliki fokus untuk melihat bagaimana upaya peningkatkan kemampuan seni rupa pada anak yang memadukan 3 kegiatan seni yaitu menggambar, merobek, dan menempel. Tujuan dari dilakukannya penelitian adalah sebagai upaya untuk peningkatan dari kemampuan seni anak dengan adanya kegiatan M3 terhadap anak yang memiliki rentang usia 5 hingga 6 tahun. Perencanaan penelitian yang digunakan adalah model kurt lewin dimana dalam model ini terdapat 4 komponen a) perencanaan atau planing, b) tindakan atau acting, c) pengamatan atau observing, dan d) refleksi atau reflecting. Pengembangan kemampuan seni rupa melalui kegiatan M3 (Menggambar, Merobek, Menempel) berdampak sangat baik bagi anak Kelompok B di TK Islam Plus Kidz. Anak yang semula ragu-ragu untuk melakukan kegitan menggambar, merobek, menempel menjadi lebih percaya diri dalam melaksanakan konsep kegiatan, hal ini diketahui melalui perbandingan hasil prasiklus yang menunjukkan nilai sebesar 27,27 persen menjadi 81,81 persen pada siklus ke 2.