KEEFEKTIFAN GURU, KETERTARIKAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Main Authors: | Gunawan, Gunawan, Mukhadis, Amat |
---|---|
Other Authors: | Widyaiswara PPPPTK BOE Malang |
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/6380 http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/6380/3316 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk memetakan tingkat keefektifan guru matemati-ka SMK dan kemenarikan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan metode pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Metode penelitian menggunakan des-kriptif dengan subjek penelitian guru matematika dan siswa SMK yang menerapkan kurikulum 2013 se Malang Raya. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan: kuesioner, wawancara, dan data dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan Guru Matematika SMK: persiapan pembelajaran efektif (62,40%); penerapan pembelajaran kurang efektif (47,00%) Siswa SMK: kurang tertarik pada aspek persiapan pembelajaran (52,86%); dan kurang tertarik pada penerapan pembelajaran (50,13%).