KEEFEKTIFAN GURU, KETERTARIKAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Main Authors: Gunawan, Gunawan, Mukhadis, Amat
Other Authors: Widyaiswara PPPPTK BOE Malang
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/6380
http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/6380/3316
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk memetakan tingkat keefektifan guru matemati-ka SMK dan kemenarikan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan metode pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Metode penelitian menggunakan des-kriptif dengan subjek penelitian guru matematika dan siswa SMK yang menerapkan kurikulum 2013 se Malang Raya. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan: kuesioner, wawancara, dan data dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan Guru Matematika SMK: persiapan pembelajaran efektif (62,40%); penerapan pembelajaran kurang efektif (47,00%) Siswa SMK: kurang tertarik pada aspek persiapan pembelajaran (52,86%); dan kurang tertarik pada penerapan pembelajaran (50,13%).