Peningkatan Prestasi Belajar Memahami Pelaksanaan Otonomi Daerah Melalui Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Siswa Kelas IX.A MTs Negeri Sewulan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Priyono, Budi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Assosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Kota Madiun
, 2021
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/875 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/875/780 |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar atau perolehan belajar dapat didefinisikan sebagai penggambaran tingkat penguasaan siswa yang diukur berdasarkan jumlah skor ataupun prosentase jumlah skor jawaban benar atas soal tes yang disusun berdasarkan tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Model learning cycle berorientasi pada pengembangan pribadi untuk berhubungan dengan orang lain, berperan aktif dalam proses demokrasi, dan bekerja produktif dalam kelompoknya. Peran guru dalam learning cycle adalah sebagai konselor, pembimbing dan pemberi saran/kritik yang bersahabat. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: Adakah peningkatan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada standar kompetensi memahami pelaksanaan otonomi daerah dengan pembelajaran kooperatif tipe siklus belajar (learning cycle) siswa kelas IX.A MTs Negeri Sewulan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017?. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada standar kompetensi memahami pelaksanaan otonomi daerah dengan pembelajaran kooperatif tipe siklus belajar (learning cycle) siswa kelas IX. A MTs Negeri Sewulan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu menggunakan rumus mean. Hasil penelitian menyebutkan ada peningkatan prestasi belajar terbukti pada nilai rata-rata pada siklus I 61,16 meningkat pada siklus II 73.95 dan pada siklus III menjadi 76.69. mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada standar kompetensi memahami pelaksanaan otonomi daerah dengan pembelajaran kooperatif tipe siklus belajar (learning cycle) siswa kelas IX. A MTs Negeri Sewulan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017.