METODE PENDIDIKAN RASULULLAH SAW DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI

Main Author: Sonin, Sonin
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: STAI Rahmaniyah , 2021
Subjects:
Online Access: http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/4
http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/4/1
Daftar Isi:
  • Abstrak: Metode sebagai jalan untuk mencapai suatu tujuan tidak terkecuali dalam proses pembeajaran, maka menunjukkan bahwasanya metode mempunyai peranaan penting dalam upaya menjamin kelangsungan proses belajar mengajar. Karena itu seorang guru sebelum menyampaikan materi pelajaran seorang guru di tuntut untuk menentukan terlebih dahulu metode yang akan digunakan, mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode itu sendiri, kesesuain metode dengan materi, tingkat perkembangan anak didik, sarana dan prasarana pendukung dan kemampuan guru dalam penggunaan metode yang akan dipakai. Beberapa metode yang sering diterapkan Rasulullah SAW dalam membentuk akhlak dan kepribadian Islami adalah “metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode targhib wa tarhib (pemberian motivasi), metode dialog (tanya jawab), metode ceramah, metode perumpamaan, metode nasihat, dan metode demonstrasi”. Sedangkan metode pendidikan Islam yang sangat terkenal saat ini adalah “Metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan pengembangan dari metode-metode yang diterapkan oleh Rasulullah”. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman bermunculan metode-metode baru dalam dunia pendidikan sehingga metode-metode lama dianggap usang dan tidak relevan lagi dengan pendidikan masa kini. Sedangkan krakteristik methodologi pembelajaran dalam pendidikan Islam itu sendiri secara umum yang paling menonjol adalah sebagai berikut: Berpadunya antara metode dan cara-cara pengajaran dari segi tujuan dan alat dengan jiwa dan ahlak Islam yang mulia. Metode hendaklah bersifat luwes, dapat menerima perubahan dan penyesuaian dengan keadaan dan suasana serta sifat peserta pendidik. Artinya metode yang digunakan oleh seorang guru hendaknya disesuaikan dengan materi, tujuan pelajaran dan keadaan peserta didik serta tahap kematangan mereka. Metode hendaknya sungguh-sungguh mengaitkan antara teori dan praktek, proses belajar dan amal, memelihara hafalan dan kemampuan berpikir. Menekankan kebebasan kepada peserta didik untuk berdiskusi, berdebat dan berdialog dalam batas-batas kesopanan dan hormat menghormati. Para peserta didik mempunyai kebebasan mutlak untuk menyatakan pendapat di depan gurunya dan untuk berbeda dalam berpendapat. Melihat dari karakteristik methodologi pembelajaran pendidikan Islam di atas dan keberhasilan Rasullah Saw dalam mendidik para sahabat maka penulis berhipotesa bahwa metode pendidikan Rasulullah Saw masih relevan dengan metode pendikan masa kini. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa metode-metode yang diterapkan Rasulullah SAW bersifat fleksibel dan masih sangat relevan dengan metode pendidikan masa kini yaitu: Metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi dan metode-metode lain yang merupakan hasil dari pengembangan metode-metode disebut.