PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP
Main Author: | Rahmat |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Banten
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/83 https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/83/71 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Dian Nusantara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain One Group prestest-posstest Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan koefesien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 18,16 dan ttabel = 1,729 yaitu thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Dian Nusantara. Dan perhitungan dari koefesien determinasi didapat variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 90%, sisanya sebesar 10% dipengaruhi oleh variabel luar lainya. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Dian Nusantara sebesar 90%, dan 10% dipengaruhi oleh variabel luar lainya.