PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI KABUPATEN TANGERANG

Main Authors: Ratna Dewi, Ahmad Yanuar Syauki
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Banten , 2013
Subjects:
Online Access: https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/35
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/35/30
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan SMK N 7 Kabupaten Tangerang pada tahun ajaran 2013 – 2014 dengan menggunakan metode deskriptif (kuantitatif), Populasinya berjumlah 54 siswa dan Sampel diambil dengan teknik random sampling sebanyak 30 siswa. karena penelitian tidak langsung mengendalikan variabel bebas. Sebagai variabel bebas adalah kecerdasan emosional variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Untuk instrument variabel bebas (x) menggunakan penyebaran angket dengan skala likert dengan 5 kemungkinan jawaban yaitu, selalu, kadang-kadang, hampir tidak pernah, tidak pernah, sering. Instrument variabel terikat (y) menggunakan hasil nilai raport siswa yang menjadi sample. uji persyaratan analisis data untuk kedua variabel digunakan uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors. Dari hasil pengujian normalitas variabel X dan Y disimpulkan bahwa kedua data variabel tersebut berdistribusi normal. Analisis data menggunakan rumus product moment menunjukan bahwa hipotesis diterima. Uji keberartian korelasi menggunakan uji t, dengan kesimpulan bahwa korelasi kedua variabel adalah signifikan. Selain itu berdasarkan hasil penelitian juga terbukti bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y dengan koefisien determinasi sebesar 81%,  bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y dan sisanya 19% dipengaruhu oleh faktor lain.