UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN ( ROLE PLAYING ) DIKELAS VIII.F SMPN 3 KRAMATWATU

Main Authors: Hasbiyah, R. Eko Santoso
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Banten , 2013
Subjects:
Online Access: https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/31
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/31/26
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini yaitu : dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik, untuk mengetahui penerapan metode bermain peran ( role playing )  Pada mata pelajaran PKn dikelas VIII.F Kramatwatu Serang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas (class action research) Penelitian ini dilakukan di kelas VII.F SMPN 3 Kramatwatu, serang  dengan subyek penelitian siswa kelas VIII.F yang berjumlah 31orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode role playingi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Nilai rata-rata tes pra siklus belum dilaksanakan 69,35  belum mencapai ketuntasan,  setelah dilaksanakan siklus I hasil tes tertulis nilai rata-rata menjadi 71,61 Kemudian setelah dilaksanakan siklus II nilai rata-rata menjadi 77,69.