UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn MELALUI METODE TANYA JAWAB SISWA DI MI. JAM’IYATUL MUTA’ALLIMIN TELUKNAGA - TANGERANG
Main Authors: | Huldiah, Eva Zhoriva |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Banten
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/25 https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/25/20 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui tingkat Motivasi Belajar Siswa MI. Jam’iyatul Muta’allimin Teluknaga-Tangerang dalam pembelajaran PKn melalui Metode Tanya jawab. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Sample dalam penelitian ini berjumlah 28 orang yang diambil secara random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada MI. Jam’iyatul Muta’allimin. Sedangkan waktu penelitian dilaksanakan selama 4 (empat) bulan yang dimulai Februari 2012 sampai dengan Mei 2012. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan menggunakan metode Tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari jawaban-jawaban responden berdasarkan indicator persepsi yang meliputi: kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran, perhatian siswa dalam menerima pelajaran, minat siswa dalam memberi tanggapan terhadap materi yang sedang dibahas, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dan mencatat materi pelajaran dan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Kesiapan siswa dalam menerima pelajaran sebelim pelaksanaan metode tanya jawab cukup baik, dengan Frekuensi 21dan presentase 79%. Sesudah pelaksanaan tanya jawab yang disertai pemberian nilai sudah tinggi, yaitu dengan frekuensi 28 dan presentase 100%.