PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Main Authors: Fatmawati, idayatuloh
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Banten , 2021
Subjects:
Online Access: https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/180
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/180/137
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Al- Khairiyah Pipitan Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survei. Sampel penelitian berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup untuk mengukur respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil analisis korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,522. Hasil analisis regresi diperoleh nilai sebesar 9,72 dan pada taraf signifikan sebesar 5% atau 0,05 diperoleh sebesar  4,22.  Karena maka  H0   ditolak,  dengan koefisien korelasi sebesar 0,522 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pipitan Kota Serang sebesar 27,25%.