PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Main Authors: | Fatmawati, idayatuloh |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Banten
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/180 https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/180/137 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Al- Khairiyah Pipitan Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survei. Sampel penelitian berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup untuk mengukur respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil analisis korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,522. Hasil analisis regresi diperoleh nilai sebesar 9,72 dan pada taraf signifikan sebesar 5% atau 0,05 diperoleh sebesar 4,22. Karena maka H0 ditolak, dengan koefisien korelasi sebesar 0,522 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pipitan Kota Serang sebesar 27,25%.