Pengaruh penggunaan video pembelajaran pada pendidikan jasmani terhadap hasil pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas
Main Authors: | Aghfironindra, Danang, Castyana, Billy, Rahayu, Tandiyo, Anggita, Gustiana Mega, Ali, Mohammad Arif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1 http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1/2 |
ctrlnum |
article-1 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh penggunaan video pembelajaran pada pendidikan jasmani terhadap hasil pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas</title><creator>Aghfironindra, Danang</creator><creator>Castyana, Billy</creator><creator>Rahayu, Tandiyo</creator><creator>Anggita, Gustiana Mega</creator><creator>Ali, Mohammad Arif</creator><subject lang="en-US">pendidikan jasmani</subject><subject lang="en-US">video pembelajaran</subject><subject lang="en-US">sekolah menengah atas</subject><description lang="en-US">Penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain non-eksperimental menggunakan metode survey ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh video pembelajaran terhadap hasil pembelajaran pendidikan jasmani. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Semarang dan untuk penarikan sampel menggunakan purposive sampling hingga didapatkan 237 responden. Berdasarkan analisis data, maka ditemukan bahwa video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil pembelajaran sebesar 50,4%. Berdasarkan hasil analisis data, di antara keempat indikator ini ada satu indikator yang tidak berpengaruh terhadap hasil pembelajaran, yaitu kesesuaian media dengan pengguna. Selain itu variabel tidak berpengaruhnya kesesuaian media dengan pengguna memunculkan dugaan bahwa pendidik tidak memahami bahwasannya tidak semua subyek yang disampaikan akan efektif jika menggunakan video, apalagi pembelajaran pendidikan jasmani yang memang seharusnya banyak memerlukan aktivitas fisik di lapangan. Tentunya bagian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yaitu tidak semua materi pembelajaran yang disampaikan dapat dijadikan sebuah video, semata-mata subjek tertentu yang dapat digunakan untuk video sebagai daya upaya pembelajarannya.</description><publisher lang="en-US">Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia</publisher><date>2021-09-20</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1</identifier><identifier>10.54284/jopi.v1i1.1</identifier><source lang="en-US">Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI); Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI); 1-10</source><source>2807-9981</source><source>2808-070X</source><language>eng</language><relation>http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1/2</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2021 Danang Aghfironindra, Billy Billy Castyana, Tandiyo Rahayu, Gustiana Mega Anggita, Mohammad Arif Ali</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-1</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Aghfironindra, Danang Castyana, Billy Rahayu, Tandiyo Anggita, Gustiana Mega Ali, Mohammad Arif |
title |
Pengaruh penggunaan video pembelajaran pada pendidikan jasmani terhadap hasil pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas |
publisher |
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia |
publishDate |
2021 |
topic |
pendidikan jasmani video pembelajaran sekolah menengah atas |
url |
http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1 http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1/2 |
contents |
Penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain non-eksperimental menggunakan metode survey ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh video pembelajaran terhadap hasil pembelajaran pendidikan jasmani. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Semarang dan untuk penarikan sampel menggunakan purposive sampling hingga didapatkan 237 responden. Berdasarkan analisis data, maka ditemukan bahwa video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil pembelajaran sebesar 50,4%. Berdasarkan hasil analisis data, di antara keempat indikator ini ada satu indikator yang tidak berpengaruh terhadap hasil pembelajaran, yaitu kesesuaian media dengan pengguna. Selain itu variabel tidak berpengaruhnya kesesuaian media dengan pengguna memunculkan dugaan bahwa pendidik tidak memahami bahwasannya tidak semua subyek yang disampaikan akan efektif jika menggunakan video, apalagi pembelajaran pendidikan jasmani yang memang seharusnya banyak memerlukan aktivitas fisik di lapangan. Tentunya bagian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yaitu tidak semua materi pembelajaran yang disampaikan dapat dijadikan sebuah video, semata-mata subjek tertentu yang dapat digunakan untuk video sebagai daya upaya pembelajarannya. |
id |
IOS16095.article-1 |
institution |
Kementerian Pemuda dan Olahraga |
institution_id |
6503 |
institution_type |
library:national library |
library |
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia |
library_id |
4818 |
collection |
Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) |
repository_id |
16095 |
subject_area |
Education, Research of Sports/Pendidikan Olah Raga, Riset Olah Raga General Publications of Sports/Terbitan Berseri Olah Raga, Berkala Olah Raga |
city |
JAKARTA PUSAT |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS16095 |
first_indexed |
2021-10-04T01:40:22Z |
last_indexed |
2021-10-04T01:40:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1712651682561654784 |
score |
17.538404 |