Pengaruh penggunaan video pembelajaran pada pendidikan jasmani terhadap hasil pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas

Main Authors: Aghfironindra, Danang, Castyana, Billy, Rahayu, Tandiyo, Anggita, Gustiana Mega, Ali, Mohammad Arif
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia , 2021
Subjects:
Online Access: http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1
http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1/2
ctrlnum article-1
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh penggunaan video pembelajaran pada pendidikan jasmani terhadap hasil pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas</title><creator>Aghfironindra, Danang</creator><creator>Castyana, Billy</creator><creator>Rahayu, Tandiyo</creator><creator>Anggita, Gustiana Mega</creator><creator>Ali, Mohammad Arif</creator><subject lang="en-US">pendidikan jasmani</subject><subject lang="en-US">video pembelajaran</subject><subject lang="en-US">sekolah menengah atas</subject><description lang="en-US">Penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain non-eksperimental menggunakan metode survey ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh video pembelajaran terhadap hasil pembelajaran pendidikan jasmani. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Semarang dan untuk penarikan sampel menggunakan purposive sampling hingga didapatkan 237 responden. Berdasarkan analisis data, maka ditemukan bahwa video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil pembelajaran sebesar 50,4%. Berdasarkan hasil analisis data, di antara keempat indikator ini ada satu indikator yang tidak berpengaruh terhadap hasil pembelajaran, yaitu kesesuaian media dengan pengguna. Selain itu variabel tidak berpengaruhnya kesesuaian media dengan pengguna memunculkan dugaan bahwa pendidik tidak memahami bahwasannya tidak semua subyek yang disampaikan akan efektif jika menggunakan video, apalagi pembelajaran pendidikan jasmani yang memang seharusnya banyak memerlukan aktivitas fisik di lapangan. Tentunya bagian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yaitu tidak semua materi pembelajaran yang disampaikan dapat dijadikan sebuah video, semata-mata subjek tertentu yang dapat digunakan untuk video sebagai daya upaya pembelajarannya.</description><publisher lang="en-US">Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia</publisher><date>2021-09-20</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1</identifier><identifier>10.54284/jopi.v1i1.1</identifier><source lang="en-US">Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI); Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI); 1-10</source><source>2807-9981</source><source>2808-070X</source><language>eng</language><relation>http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1/2</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2021 Danang Aghfironindra, Billy Billy Castyana, Tandiyo Rahayu, Gustiana Mega Anggita, Mohammad Arif Ali</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-1</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Aghfironindra, Danang
Castyana, Billy
Rahayu, Tandiyo
Anggita, Gustiana Mega
Ali, Mohammad Arif
title Pengaruh penggunaan video pembelajaran pada pendidikan jasmani terhadap hasil pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas
publisher Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
publishDate 2021
topic pendidikan jasmani
video pembelajaran
sekolah menengah atas
url http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1
http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi/article/view/1/2
contents Penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain non-eksperimental menggunakan metode survey ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh video pembelajaran terhadap hasil pembelajaran pendidikan jasmani. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Semarang dan untuk penarikan sampel menggunakan purposive sampling hingga didapatkan 237 responden. Berdasarkan analisis data, maka ditemukan bahwa video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil pembelajaran sebesar 50,4%. Berdasarkan hasil analisis data, di antara keempat indikator ini ada satu indikator yang tidak berpengaruh terhadap hasil pembelajaran, yaitu kesesuaian media dengan pengguna. Selain itu variabel tidak berpengaruhnya kesesuaian media dengan pengguna memunculkan dugaan bahwa pendidik tidak memahami bahwasannya tidak semua subyek yang disampaikan akan efektif jika menggunakan video, apalagi pembelajaran pendidikan jasmani yang memang seharusnya banyak memerlukan aktivitas fisik di lapangan. Tentunya bagian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yaitu tidak semua materi pembelajaran yang disampaikan dapat dijadikan sebuah video, semata-mata subjek tertentu yang dapat digunakan untuk video sebagai daya upaya pembelajarannya.
id IOS16095.article-1
institution Kementerian Pemuda dan Olahraga
institution_id 6503
institution_type library:national
library
library Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
library_id 4818
collection Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI)
repository_id 16095
subject_area Education, Research of Sports/Pendidikan Olah Raga, Riset Olah Raga
General Publications of Sports/Terbitan Berseri Olah Raga, Berkala Olah Raga
city JAKARTA PUSAT
province DKI JAKARTA
repoId IOS16095
first_indexed 2021-10-04T01:40:22Z
last_indexed 2021-10-04T01:40:22Z
recordtype dc
_version_ 1712651682561654784
score 17.538404