at-takhlil fi at-ta'alum al-iliktruni al-qo'im biinamudzaj Al-qororot al-muta'addidah CIPP li thullabi qismi ta'limi al-lughotil 'arabiyah jamia'ah muhammadiyah yogyakarta
Daftar Isi:
- <p>Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pembelajaran daring (<em>E-Learning</em>) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan model Evaluasi CIPP (<em>Context, Input, Proccess </em>dan <em>Output</em>) yang berfokus pada komponen <em>Context</em> pelaksanaan program <em>e-learning</em> yaitu kesesuaian pelaksanaan program <em>e-learning</em> terhadap kebutuhan mahasiswa berdasarkan tujuan pelaksanaan program pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode deskriptif kuantitatif, yaitu untuk meninjau serta melihat objek penelitian dengan apa adanya sesuai fenomena yang terlihat pada saat penelitian dilaksanakan dan menggambarkanya dengan angka sebagai kesimpulan akhir penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, yaitu sebagai data primer dan metode wawancara serta metode dokumentasi sebagai data sekunder atau data penunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi <em>e-learning</em> pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dilihat dari komponen <em>Context</em> pada metode evaluasi CIIP (<em>Context, Input, Proccess </em>dan <em>Output</em>) yaitu kesesuaian pelaksanaan program <em>e-learning</em> terhadap kebutuhan mahasiswa berdasarkan tujuan pelaksanaan program termasuk dalam kategori baik dengan presentase Tingkat Capaian Responden 74,57%, meskipun dari analisis data penunjang penelitian terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran daring menggunakan <em>E-Learning</em> pada Progarm Studi Pendidikan Bahasa Arab agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa secara maksimal.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Evaluasi, E-Learning, Metode CIPP</p>